33 Istilah Dalam Dunia Airsoft Gun

Dunia airsoft penuh dengan singkatan dan istilah yang bisa sangat sulit dipahami oleh pemain baru. 32 istilah ini adalah yang paling sering kamu baca / dengar dalam dunia airsoft gun. Sebagian istilah dibawah juga berlaku untuk senjata api aslinya. Baik kamu yang baru dalam dunia airsoft atau pemain lama, mungkin ada beberapa istilah airsoft yang pernah kamu dengar tetapi tidak terlalu mengerti, artikel ini akan luar biasa bermanfaat buat kamu. Baca Semuanya!!!

Daftar Isi

Automatic Electric Guns (AEG)
Automatic Electric Pistol (AEP)
Barrel
BB
Blowback
Close Quarters Battle (CQB)
CO2
Electric Blow Back (EBB)
Feet Per Second (FPS)
Full Auto
Gas Blowback (GBB)
Green Gas
HFC-143
Hi-Cap / High Cap
Hop-Up
Low Power Electric Guns (LPEG)
Magazine
Non-BlowBack (NBB)
Rate of Fire (ROF)
Rounds Per Minute (RPM)
Scope
Semi otomatis
Skirmish
Popor
Baterai LiPo
Baterai NiCd
Black Gas
Chrono
GBBR
Gearbox
RIS
Smart Charger
Spring
ABS

Automatic Electric Guns (AEG)
AEG adalah kependekan dari Automatic Electric Gun, dan mungkin salah satu istilah industri airsoft yang paling dikenal. AEG adalah salah satu jenis airsoft gun paling terkenal. AEG adalah senjata bertenaga listrik yang menawarkan tenaga yang tinggi.

Automatic Electric Pistol (AEP)
AEP adalah kependekan dari Automatic Electric Pistol. Gaya airsoft gun ini sama dengan AEG tapi untuk pistol. AEP pada pistol memberikan kemampuan menembak full otomatis.

Barrel
Barrel adalah pipa logam dari di dalam airsoft gun tempat peluru meluncur dan keluar.

BB
BB adalah peluru bulat airsoft gun yang umumnya dibuat dengan plastic dengan ukuran 6mm

Blowback
Blowback adalah mekanisme untuk menggerakan slide atau handle kokang seperti senjata aslinya. Fitur blowback ada di airsoft gun listrik atau gas.

Close Quarters Battle (CQB)
Juga disebut sebagai Close Quarters Combat (CQC), Close Quarters Battle adalah skenario sering digunakan dalam permainan airsoft. CQB artinya bermain dalam ruang lingkup yang kecil, umumnya dalam ruangan tapi juga bisa diluar.

CO2
CO2 adalah gas yang digunakan sebagai airsoft gun dan semua airgun. CO2 memiliki power yang umumnya lebih tinggi dari gas lain.

Electric Blow Back (EBB)
Airsoft gun Electric Blow Back umumnya tersedia dengan harga lebih murah. Senapan airsoft bertenaga listrik baterai AA atau AAA, memiliki tenaga rendah, tetapi masih menawarkan recoil yang realistis.

Feet Per Second (FPS)
Feet Per Second adalah satuan ukuran penting yang mengukur kecepatan. Dalam permainan airsoft, kecepatan mengacu pada kecepatan bb saat ditembakan. Contoh 300fps artinya 300 kaki per detik atau 91,4 meter per detik.

Full Auto
Ketika seorang pemain menekan dan menahan pelatuk, tembakan konstan akan terus terjadi sampai peluru habis atau sampai penembak melepaskan pelatuknya.

Gas Blowback (GBB)
Gas Blowback adalah sistem yang umumnya hanya disediakan di airsoft gun pistol. Gas blowback mensimulasikan gerakan slide seperti pistol aslinya.

Green Gas
Green gas adalah propelan yang digunakan dalam airsoft gun Gas Blowback. Green gas umumnya merupakan campuran minyak silikon dan propane LPG.

HFC-143
HFC-143 adalah propelan yang digunakan dalam airsoft gun bertenaga gas. Gas ini juga digunakan oleh AC atau kulkas.

Hi-Cap / High Cap
Juga disebut sebagai High-Cap atau High-Caps, istilah ini digunakan untuk magazine airsoft yang berisi antara 300 hingga 5.000 bb. Dalam airsoft, kapasitas besar selalu merupakan kelebihan, menjadikan magazine ini, magazine yang paling umum digunakan dalam bermain airsoft. Namun, magazine Hi-Cap kadang tidak diizinkan di beberapa acara kompetitif airsoft gun.

Hop-Up
Istilah ini mengacu pada sistem di airsoft gun untuk menentukan arah tembakan. Hop Up yang bisa diatur memungkinkan penggunanya untuk merubah arah tembakan yang keluar dari barel

Low Power Electric Guns (LPEG)
Airsoft gun dengan tenaga rendah dan biasanya versi AEG yang lebih murah. Bentuknya bisa mirip dengan AEG pada umumnya, namun internalnya menggunakan part plastik sehingga kurang daya tahannya.

Magazine
Magazine mengacu pada tempat peluru yang dipasang di airsof gun dan dapat dilepas untuk diisi ulang.

Non-BlowBack (NBB)
Non-BlowBack mengacu pada pistol airsoft gun, dimana slide tidak bergerak saat pistol ditembakkan.

Rate of Fire (ROF)
ROF adalah jumlah BB yang dapat dikeluarkan dari perangkat dalam rentang waktu tertentu.

Rounds Per Minute (RPM)
RPM mengacu pada Putaran Per Menit, atau berapa banyak BB yang dapat ditembakan dari senapan airsoft gun per menitnya.

Scope
Scope adalah bantuan penglihatan optik yang digunakan untuk melihat target meningkatkan akurasi dan jarak tembak.

Semi otomatis
Ketika seorang pemain menekan dan menahan pelatuk, hanya satu peluru yang akan ditembakan sampai penembak menekan lagi pelatuknya.

Skirmish
Skirmish adalah permainan pertempuran antara beberapa kelompok yang saling mencoba mengalahkan.

Popor
Popor adalah ujung belakang dari airsoft gun laras panjang, yang umumnya dipasang di bahu. Popor ada 3 tipe, Tarik, Lipat atau Standar.

Baterai LiPo
Li-po atau Lithium Polymer adalah jenis baterai yang memiliki kapasitas dan tenaga yang lebih tinggi dari baterai biasa NiCd, tapi LiPo lebih lama di charge dan bila di overcharge dapat meledak.

Baterai NiCd
NiCd atau Nickel–Cadmium adalah jenis baterai yang umum digunakan dalam airsoft gun dan menjadi baterai bawaan standar pabrikan. Jenis baterai ini murah, aman dan mudah di cas.

Black Gas
Black Gas adalah gas pengganti green gas yang jauh lebih bertenaga. Umumnya digunakan saat kondisi dingin, bila digunakan pada suhu normal dapat mengurangi umur pistol airsoft gun mu

Chrono
Chrono atau Chronometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepat FPS dan ROF proyektil baik peluru dari senjata api atau BB dari airsoft gun

GBBR
Gas Blowback Rifle adalah jenis airsoft gun rifle (senapan laras panjang) yang menggunakan GAS sebagai tenaganya bukan Listrik pada umumnya

Gearbox
Gearbox dari dunia airsoft artinya bagian internal AEG yang di dalamnya terdapat berbagai gear dan mekanisme yang memungkinkan airsoft ditembakkan.

RIS
Rail Interface System adalah bagian depan senjata umumnya di varian M16 yang didesain untuk dipasang berbagai aksesoris seperti grip, scope, laser dan lainnya.

Smart Charger
Desain charger yang dapat mendeteksi ketika baterai penuh dan menghentikan pengisian secara otomatis. lebih aman terutama pada baterai Li-Po.

Spring
Airsoft yang perlu di kokang setiap tembakannya, umumnya ada di airsoft sniper yang bolt action. Airsoft jenis ini sangat bandel dan bebas perawatan