Apa itu Senapan Bullpup ?

Versi Bullpup dari Dragunov SVD (atas) versi originalnya (bawah)

Versi Bullpup dari Dragunov SVD (atas) versi originalnya (bawah)

Bullpup adalah konfigurasi senjata api modern di mana sistem operasi senjata dan magazine terletak di belakang pelatuk dan di samping wajah penembak, sehingga tidak ada tempat yang terbuang untuk popor seperti dalam desain konvensional. Ini memungkinkan panjang senjata api lebih pendek 25% dari senjata lain dengan panjang barrel yang sama sehingga tetap menjaga akurasi dengan barel yang panjang, dan mengurangi total berat dari senjata itu sendiri.

Asal-usul “bullpup” istilah sudah di gunakan dalam waktu perang dunia ke satu tapi mulai di produksi selama tahun 70-an

Steyr AUG (1977) sering disebut sebagai bullpup pertama yang berhasil, telah digunakan oleh angkatan bersenjata lebih dari dua puluh negara, dan menjadi senapan resmi bagi Austria dan Australia. Steyr AUG sangat maju untuk tahun 1970,?Steyr AUG terkenal karena Sangat handal, ringan, dan akurat, Steyr AUG menunjukkan dengan jelas potensi tata letak Bullpup. Sehingga mendorong pengembangan FAMAS (1978), yang adopsi oleh angkatan bersenjata Perancis mesik tidak sesukses Steyr AUG tapi FAMAS membuat masa baru bagi Bullpup.

Setelah FAMAS Inggris tertarik dengan sisitem bullpup sehingga mereka mengembangkan L85, yang mulai beroperasi pada tahun 1985. Setelah ada beberapa masalah dari versi awal senjata itu, akhirnya Pemerintah Inggris menyerahkan desain ke perusahaan senjata api terkenal Heckler & Koch yang mereka kembangkan menjadi L85A2 yang sukses dan digunakan secara resmi oleh tentara inggirs

Setelah belajar dari peforma bullpup yang ada di pasaran, Industries Militer Israel mengembangkan senapan bullpup miliknya: Tavor (TAR-21). Tavor ini sangat ringan, akurat, dan dapat diandalkan sepenuhnya ambidextrous (dirancang untuk standar untuk menghindari rusak dalam kondisi padang pasir), dan permintaan atas Tavor meningkat di negara-negara lain, terutama India. Tavor memiliki banyak kesamaan dengan SAR 21 Singapura dan Vektor CR-21 Afrika Selatan . Bullpups lainnya telah diadopsi baru-baru ini oleh pasukan Iran dengan senjata KH2002 (Khaybar) dan China dengan QBZ-95.

Dan negara lain juga mulai tertarik dengan kesuksesan senapan Bullpup, salah satunya Indonesia yang sudah mulai mengembangkan Pindad SS3 yang protetipenya sudah di pamerkan di beberapa pameran senjata.? ada sekitar 9 negara yang senjata resminya adalah Bullpup.